Pesisir Selatan 1 dari 8 Kabupaten yang Terima Anugerah Inovative Government Award (IGA) 2020

JAKARTA - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020, dari Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) sebagai "Pemerintah Daerah Sangat Inovatif" di Hotel Sulthan Jakarta, Jumat (18/12).

Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh menteri dalam negeri, yang diwakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori. Untuk Kabupaten Pesisir Selatan, penghargaan tersebut langsung diterima oleh Bupati Hendrajoni.

" Alhamdulillah di akhir tahun ini kembali Pessel menerima penghargaan yang sangat bergengsi dari pemerintah pusat melalui Kemendagri, " kata Hendrajoni, melalui sambungan telpon seluler dari Jakarta.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan salah satu kado akhir tahun yang dipersembahkan bagi masyarakat Pesisir Selatan, dan merupakan hasil kerja Pemkab Pessel, beserta jajarannya bersama seluruh komponen masyarakat.

Dalam kesempatan itu, bupati, menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD atas kerjasamanya mengikuti ajang IGA 2020 dengan melengkapi berkas, dokumen pendukung, dokumen evidence inovasi masing-masing OPD dan menguploadnya ke dalam sistim aplikasi penilaian IGA. 

Dikatakan, Kabupaten Pesisir Selatan, ditetapkan sebagai pemerintah daerah sangat inovatif bersama-sama dengan 195 pemda, yaitu 21 provinsi, 131 kabupaten dan 48 kota lainnya di Indonesia. 

Kepala BapedaLitbang, Yozki Wandri, menyebutkan, pemerintah daerah yang menerima penghargaan Kategori Daerah Sangat Inovatif ini, adalah daerah yang mencapai indeks skor di atas 1.000 pada sistim penilaian IGA 2020.

"IGA adalah lomba inovasi daerah yang dilaksanakan Kemendagri untuk mendorong tumbuhkembangnya semangat berinovasi di daerah, guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan sesuai amanat UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah daerah dan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, " paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori, sebagaimana dikutip Serambinews.com, menyebut ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 merupakan momentum untuk mengapresiasi langkah besar yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang inovatif, yang ujungnya bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Acara ini merupakan momentum apresiasi terhadap langkah besar yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mereformasi sektor pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang diselenggarakan oleh pemerintahan daerah, melalui berbagai inovasi daerah baik dalam bentuk pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan daerah, yang bersifat konkuren, ” kata Hudori. 

Disebutkan Pemerintah telah melahirkan berbagai regulasi untuk dipedomani oleh pemerintah daerah dalam melaksanakan inovasi sebagai pengungkit bagi kepala daerah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penerapan berbagai inovasi dalam penyelenggaraan urusan pemerintah daerah sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan sudah dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. (***)

SUMBAR Pessel
Update

Update

Previous Article

Pilkada 2020: Rusma Yul Anwar Bupati Baru...

Next Article

Bupati Pessel, Hendrajoni, Resmikan Gedung...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 242

Postingan Tahun ini: 1274

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 215

Postingan Tahun ini: 1335

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 144

Postingan Tahun ini: 260

Registered: Apr 16, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 141

Postingan Tahun ini: 764

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Oknum Kepala Sekolah SD di Toraja Utara, Diduga Cabuli 3 Muridnya
Tak Pernah Pegang Kartu ATM, Bansos PKH Diduga Dicairkan Pengurus
Orang Tua Korban Pemukulan di Nagori Sihaporas Akui Buat Laporan Palsu Ke Polres Simalungun Karna Disuruh
Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda
banner

Follow Us

Recommended Posts

Terkait Adelin Lis, Ini Pendapat Guru Besar Hukum Internasional  Universitas Indonesia
Dugaan Korupsi pada PT.ASABRI,  Kejagung RI Kembali Periksa 4 Saksi
Tim Jaksa Penyidik Periksa 1 Saksi Terkait Dugaan Korupsi Pembelian Gas Bumi PDPDE Sumatera Selatan
Terus Berproses, 1 Saksi Diperiksa Jaksa Terkait Dugaan Korupsi Pengalihan IUP Batubara Sarolangun.
Tony Rosyid: Hadapi Pandemi, Butuh Konsistensi!